Media Pembelajaran IPA Berbasis Flash
Media Pembelajaran Berbasis Flash Pelajaran IPA Keseimbangan Ekosistem
Tampilan flash pada awal yaitu terdapat 1 orang anak laki - laki yang sedang menjelaskan materi yang terdapat pada menu utama. Terdapat judul materi disebelah kiri atas yang tertulis jelas. Juga terdapat 4 menu utama yaitu menu pertama, kedua, dan ketiga tentang materi pembelajaran dan yang keempat tentang games. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan contoh video pembelajaran berbasis flash dengan tema Keseimbangan Ekosistem.
Kelebihan:
1. Siswa diberi kebebasan untuk memilih menu pembelajaran yang ingin dipelajari.
2. Materi yang terdapat di media tersebut lengkap.
3. Terdapat menu games yang berisi soal dan jawaban.
4. Dalam menyajikan materi tersebut menarik karena disertai gambar
Kelemahan:
1. Games yang disediakan terlalu mudah, terlalu sedikit dan tidak mencangkup semua materi.
2. Ketika akan melanjutkan materi, tidak bisa secara otomastis. Harus kembali ke menu awal.
3. Penilaian pada games kurang detail.
4. Tidak ada menu uji kemampuan, untuk siswa lebih banyak berlatih soal.
Saran:
1. Ada menu uji kemampuan , sehingga siswa dapat berlatih soal lebih banyak dan terpadapat penilaian / kunci jawaban dari uji soal tersebut.
2. Games seharusnya lebih menarik.
3. Musik pada games seharusnya dengan nada yang lebih memberi semangat dan menyenangkan.
4. Dalam games sebaiknya jika telah selesai menjawab soal terdapat apresiasi,misalnya suara yang ditimbulkan atau gambar seperti “pintar, cerdas, ”
ANALISIS CONTOH MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS FLASH
A.
Kelebihan media animasi dalam pembelajaran bahasa Inggris diantaranya :
1. Memudahkan
guru untuk menyajikan informasi mengenai materi apa yang harus dilakukan dalam bahasa inggris.
2.. Memotivasi
siswa untuk memperhatikan karena menghadirkan daya tarik bagi siswa terutama
animasi yang dilengkapi dengan suara.
3. Memiliki
lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan
visual.
4. Bersifat
mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa
sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
5. terdapat menu sing a song yang digunakan untuk menyanyi bersama dan menu games.
5. terdapat menu sing a song yang digunakan untuk menyanyi bersama dan menu games.
B.
Kelemahan dari media animasi diantaranya :
1. Memerlukan
kreatifitas dan ketrampilan yang cukup memadai untuk mendesain animasi yang
dapat secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
2. Tidak ada subtitle dalam bahasa inggris untuk memudahkan siswa dalam memahami percakapan dalam media tersebut.
3. Animasi dalam media tersebut tidak banyak mengalami pergerakan, sehingga sedikit membosankan.
3. Animasi dalam media tersebut tidak banyak mengalami pergerakan, sehingga sedikit membosankan.
3. Guru sebagai
komunikator dan fasilitator harus memiliki kemampuan memahami siswanya, bukan
memanjakannya dengan berbagai animasi pembelajaran yang cukup jelas tanpa
adanya usaha belajar dari mereka atau penyajian informasi yang terlalu banyak
dalam satu frame cenderung akan sulit dicerna siswa.
C.
Saran :
Sebaiknya, animasi dalam media pembelajaran tersebut lebih banyak mengalami pergerakan, contoh ketika dalam menu sing a song ( bernyanyi) sebaiknya ada tarian sederhana. Sebaiknya, terdapat subtitle bahasa inggris dalam percapakan utama agar siswa dapat sambil belajar penulisan bahasa inggris dan dapat membantu siswa yang belum paham terhadap bahasa inggris.
Sebaiknya, animasi dalam media pembelajaran tersebut lebih banyak mengalami pergerakan, contoh ketika dalam menu sing a song ( bernyanyi) sebaiknya ada tarian sederhana. Sebaiknya, terdapat subtitle bahasa inggris dalam percapakan utama agar siswa dapat sambil belajar penulisan bahasa inggris dan dapat membantu siswa yang belum paham terhadap bahasa inggris.
ANALISIS CONTOH MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH BAGI ANAK TUNA GRAHITA
Media Gambar Animasi juga sangat disukai
oleh anak-anak tunagrahita, sehingga diharapkan pembelajaran sains bagi mereka
dapat lebih menyenangkan, dapat menghilangkan kejenuhan dalam proses
pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa, baik hasil belajar dalam
aspek pengetahuan, pemahaman, maupun penerapan secara signifikan. Dengan kata
lain mampu membantu siswa mampu memperoleh pemahaman yang lebih mendalam
mengenai teori dan konsep pembelajaran sains.
(perkembangbiakan
hewan)
A. kelebihan
media pembelajaran animasi pada mata pelajaran sains bagi anak tunagrahita
ringan.
1.
Mendorong minat dan motivasi belajar anak tunagrahita.
Tampilan yang menarik akan meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk
mengikuti kegiatan belajar. Fasilitas yang dihadirkan untuk membuat suatu
tampilan yang menarik. Diantaranya adalah pemanfaatan background yang memberi
kesan berbeda pada tampilan. Pemilihan warna, pemberian tekstur dan pemilihan
karakter yang menarik dapat menambah kesan visual pada anak tunagrahita.
2.
Meningkatkan konsentrasi dan perhatian siswa terhadap
proses pembelajaran. Meningkatkan perhatian dan konsentrasi merupakan satu
nilai lebih dari penggunaan media animasi ini dalam proses pembelajaran sains,
karena biasanya siswa tunagrahita sering malas dan tidak tertarik dengan
pembelajaran akademik salah satunya mata pelajaran sains.
3.
Program animasi ini mampu memvisualisasikan materi
-materi pelajaran yang sulit disajikan melalui pengalaman langsung siswa.
4.
Penggunaan gambar, cerita yang ditampilkan dalam
animasi komputer tersebut dapat membantu memperjelas penyampain pesan pada anak
tunagrahita.
5.
Animasi yang disajikan merupakan sarana untuk
memungkinkan terjadinya proses be lajar mengajar yang kondusif sekaligus
sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, karena animasi
computer.
B. Kelemahan
media pembelajaran animasi pada pelajaran sains bagi anak tunagrahita ringan.
1. Memerlukan
kreatifitas dan ketrampilan yang cukup memadai untuk mendesain animasi
yang dapat secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran
2. Memerlukan
software khusus untuk membukanya
3. Guru sebagai
komunikator dan fasilitator harus memiliki kemampuan memahami
siswanya, bukan memanjakannya dengan berbagai animasi pembelajaran
yang cukup jelas tanpa adanya usaha belajar dari mereka atau penyajian
informasi yang terlalu banyak dalam satu frame cenderung akan sulit dicerna
siswa.
4. memerlukan
komputer sebagai alat bantu pengajaran dan membutuhkan tenaga listrik yang
tinggi
5. proses
pembuatan animasi membutuhkan waktu yang lama dan tidak semua guru dapat
menggunakan komputer.
C. Saran
:
Media pembelajaran animasi
merupakan media pembelajaran yang sangat tepat bagi anak tuna grahita ringan
dalam pelajaran sains. Namun kurangnya pengetahuan atau kemampuan seorang guru
dalam menggunakan computer, merupakan factor utama kegagalan guru dalam
menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Oleh karena itu, penulis ingin
memberi saran kepada calon guru dan yang sudah menjadi guru, agar terus belajar
dan berlatih dalam menggunakan atau mengoperasikan computer, sehingga dalam
proses pembelajaran guru mampu mengimplementasikan atau menggunakan media
pembelajaran berbasis animasi tersebut, agar tujuan pembelajaran yang telah
direncanakan dapat tercapai dengan maksimal.
Casino Night in Las Vegas - Mapyro
BalasHapusCasino Night in Las Vegas in NV. See 부천 출장마사지 576 traveler reviews, 255 candid photos, and great deals for Casino Night in Las 영주 출장안마 Vegas at 광명 출장마사지 Mapyro. Rating: 5 · 성남 출장마사지 1 review 성남 출장안마